Sunday 11 May 2014

Undefined Sickness*

*Judulnya rada anehya? iya sama gw juga bingung, maksudnya sih gw gak tau gw sakit apa.hhaha

OK, gw mau cerita tentang penyakit gw baru-baru ini. Jadi gw di diagnosa darah rendah, dari awal April kemaren tensi gw gak pernah lebih dari 90/60. Paling tinggi 91/62. Padahal biasanya tensi gw normal dan gw gak pernah mengeluhkan gejala-gejala darah rendah selama ini, jarang ngerasa pusing dan keleyengan, bawah mata gw juga masih merah dan gak pucet.

Awal gw tau tensi gw rendah pas abis pemilu gw mau bikin surat keterangan sehat ke puskesmas, sesuai prosedur gw diukur tinggi badan, berat badan, tensi, dan detak jantung. Urusan berat dan tinggi jelas gak berubah banyak, tinggi gw masih tetep 151, dengan berat bertambah 1 kg jadi 42 kg, dan pas di tensi susternya bilang kalau tensi gw cuma 90/60, tergolong rendah buat gw yang ngaku udah sarapan. Nadi gw tinggi tapinya nyampe 92/menit.

Terus yawda gw kerja seperti biasa di kantor paling kece se-Bangka Raya *hueeekk*, gue masih menjalani pekerjaan gw dengan lapang dada, masih nempuh jarak bekasi-bangka raya tiap hari. Gak ngerasaain apa-apa selain ngantuk dan gak nafsu makan tiap malem. Gue abaikan semua itu, sampai akhirnya pas pulang ke Sukabumi 1 hari sebelum ultah ke 27 gue. Selama di jalan gue pusing dan mual banget, terus suhu badan gw kerasa agak panas. Tapi gw anggap itu cuma mabok perjalanan aja.

Nyampe rumah iseng gw ngukur tensi gw, tadaaa 80/54. Njiiirr rendah banget ciiinnn. Terus malemnya gw demam lagi, setelah 2 hari berturut-turut demam. Akhirnya emak gw nganjurin buat check ke lab. hasilnya: Trombosit, Leukosit, Hemoglobin, Hematrokit gw semua dibawah normal.

Hemo-hema nandain gw anemia, leukosit yang rendah nandain gw lagi kena infeksi, trombo rendah nandain gejala dbd. Itu katanya mas-mas dokter.

Berkat spekulasi itu emak gw langsung bilang "jangan ke Jakarta dulu" udah di Sukabumi aja...Gw sih menyambut gembira permintaan emak, tapi terus gw jadi kepikiran kerjaan di kantor yang masih banyak bolong-bolongnya.

Sebagai anak yang baik dan sedang berusaha menjadi anak penurut bin berbakti pada orang tua. Gw terpaksa ambil keputusan sesuai request ortu yaitu resign dari kantor yang sekarang, dan pemulihan di rumah aja. Berat sebenernya ninggalin kantor, karena meskipun kerjaannya gak sesuai bakat dan minat gw, tapi gw masih pengen ngerjain tugas-tugas disana.

Selanjutnya selama beberapa minggu tensi gw emang rendah mulu, bener-bener rendah. Tapi gw gak ngerasa keleyengan. cuma ngantuk mulu. Puncaknya pas tanggal 6 Mei kemaren, muncul bercak-bercak merah di seluruh tubuh gw. dari ujung kaki sampe muka. Kalau kata emak kayak campak, tapi gw gak ngerasa gatel dan demam, cuma ngerasa pegel dan sakit gak jelas di kaki area paha belakang sampai ke telapak kaki. Terus kalau shalat pas rukuk dan sujud gw udah kayak nenek-nenek, ngilu dan gak kuat lama-lama. Yang bikin serem ada benjolan di kepala belakang, deket leher, dan itu ngilu juga. Kalau kata orang Sunda sesekeleun, kalau kata dokter namanya kelenjar getah bening.

Gw putusin datengin dokter, buat tanya "gue ini sakit apa?", setelah konsultasi dokternya cuma bilang ada infeksi aja. Gw cuma dikasih obat buat penambah darah dan vitamin penambah imunitas. Gw bingung juga sih, tumben tumbenan obat gw dikit. Biasanya gw kalau sakit dapet obat udah kayak mau buka apotek. 


Hari ketiga setelah ke dokter, belum ada perubahan, masih ada bercak dan benjolan di kepala gw malah kayaknya nambah. Gw cerita lah sama nyokap, hasilnya tadaaaa disuruh cek lab lagi lebih lengkap. Ah ngikut ajalah daripada gw dimurka.

Hasil labnya kemaren siang udah keluar, hemo-hema gw masih rendaahh, asam urat, gula puasa, & kolestrol hasilnya normal, nah SGOT gw diatas normal. Tapi kata temen gw sih nilai SGOT gw segitu masih tergolong normal dan gak menandakan sakit yang serius.

Keluhan gw sejauh ini masih seputaran lemes, ngantuk mulu, dan kaki gw pegel-pegel. Emak gw yang panikan lagi-lagi nganjurin medical check up keseluruhan. Karena sakit gak jelas gw udah satu mingguan, berhubung riwayat keluarga gw sakitnya macem-macem emak gw gak mau gw telat sadar sakit. -____-

Yasudah sekarang ini gw cuma ngejalanin terapi panas buat ngurangin pegel, rajin minum madu, sama makan daging biar tensi gw naek.-_-"

Semoga bukan sakit apa-apa, semoga badan gw cuma lagi manja minta istirahat aja.. Aamiin

No comments:

Post a Comment