Monday 15 September 2014

#BastianSteelBukanCowokBiasa -_-"

Postingan blog kali ini bukan untuk mencela, hanya untuk mengungkapkan kerisauan gw akan imajinasi para pembuat sinetron di Indonesia.

Jadi ceritanya, tumben-tumbenan jam 5 sore gw udah standby pegang remote TV dan nunggu sinetron ABG yang bikin gw pengen komentarin mulu dari awal liat iklannya. Bukan karena pengen liat pemainnya tapi pengen liat sejauh mana sinetron ini "mengadaptasi" sebuah film dan novel terkenal.

Sinetron yang punya nama Bastian Steel Bukan Cowok Biasa ini baru tayang perdana tadi sore, iklannya sih sepenglihatan gw udah hampir 1-2 minggu ini wara-wiri di RCTI. Karena baru tayang perdana gw belum tau akan dibawa kemana cerita ini, tapi sebagai gambaran begini cerita 'singkat' yang gw tangkep di awal episode 1.

Alkisah ada penjahat bertopeng yang ingin mengambil kekuatan tokoh baik bergaun putih, untuk menguasai dunia. Tokoh jahat ini hendak membunuh anak sih tokoh baik, karena sesuai ramalan ntah siapa namanya anak ini nantinya akan menghancurkan si tokoh jahat. 


Si tokoh jahat berusaha buat membunuh keduanya, tapi gagal. Pas pegang tangan si anak, dia malah kebanting, topengnya lepas. dan dahi si anak tanpa sengaja kena serpihan topeng penjahat yang berbentuk bintang. Penjahatnya kesel, dan terus berusaha bunuh mereka. Si tokoh baik kemudian masukin anaknya ke dalam peti dan di kirim ke -sebut saja- dunia manusia. Begitu nyelamatin anaknya, si tokoh baik gak lama mati, dan penjahatnya berusaha ngejar si anak, tapi gak dapet.


Di lain tempat, si anak tokoh baik ditemukan oleh sepasang suami istri yang mobilnya mogok di tengah hutan. Suaminya gendut, istrinya biasa aja, anaknya? masih bayi juga. Mereka akhirnya mau ngerawat anak tokoh baik karena ada emas di dalam petinya. Dari surat yang ada di dalam peti, diketahui nama anaknya adalah Bastian.


15 tahun kemudian, di sebuah kamar plus kandang ayam, ada seorang abg kriwil lagi ngerayain ultahnya dan tiup lilin sendiri. Nyanyi ultah dengan suaranya yang gak bagus-bagus amat, sengaja dibuat fals mungkin. Oh ya nama ABG ini Bastian.


Pas lagi nyanyi tetiba Bastian kedatangan tamu dan minum kiranti.. lhoo??? Maaf ngelantur. Dia kedatangan tukang ojeg terbang yang bawa kado kue ultah dan kasih kabar bahwa Bastian akan menjadi siswa SMA ??? (lupa namanya), tukang ojeg yang bernama Pak Yanto ini juga memperkenal kan diri sebagai sahabat karibnya alm. orang tua Bastian.


Dan selanjutnya-selanjutnya... (silahkeun nonton sendiri, udah ada di youtube)

Buat yang gak pernah baca atau nonton buku Harry Potter jilid 1-7, mungkin cuma bakal bilang "ah elah sinetron abg tentang sihir-sihiran". Lain hal nya kalau yang udah pernah baca atau nonton, gw rasa bakal bilang "Ehh kok mirip/ nyerempet cerita Harry Potter sih?".

Sebagai pembaca dan penonton setia Harry Potter, jelas gw cuma bisa elus paha liat sinetron ini. Gw cuma liat sampe Bastian masuk sekolah dan ketemu temen-temennya.

Tadinya hawa gw udah pengen nyela aja di twitter, tapi pas buka twitter shock juga ternyata judul sinetron ini masuk Trending Topic Euy... Hebaat!!!

Ada yang muji ada yang nyinyir, ada yang ngatain plagiat, ada yang bela bilang hanya adaptasi.

Well, sebenernya gak ada yang salah dengan adaptasi cerita. Tapi jelas, bebannya bakal berat banget kalau cerita yang diambil berdasarkan novel terlaris dan film sequel yang banyak ditunggu orang sedunia. Belum lagi khas Indonesia yang fanatiknya terhadap sesuatu itu top markotop.

Gw yakin pottermania di Indonesia lagi ngehujat dan nyinyirin ini sinetron. Meski gak 100% mirip, tapi tetep aja fans harry potter gak terima ceritanya diangkat jadi sinetron Indonesia yang terkenal panjang episodenya dan suka gak jelas endingnya.

Gw gak paham dengan imajinasi para pembuat sinetron, apa gak belajar dari kasus sinetron sebelumnya yang kena tegor pihak rumah produksi aslinya gara-gara jiplak plek? Apa gak malu dibilang plagiat mulu? 

Sejujurnya gw kangen balik ke tahun 90-an, dimana sinetron gak ada yang tayang setiap hari. Bahkan sinetron yang dulu jiplak meteor garden aja, tayangnya seminggu sekali. Jadi meskipun kita tau dia sebenernya adaptasi cerita, tetep di tunggu. Sore hari sinetron keluarga tayang gantian antara si tuyul dan om jin, atau trio warkop sama bagito/ patrio.

Atau gak bisa ya ambil cerita dari yang original, adaptasi dari novel karya anak bangsa sendiri, dan dibikin lebih singkat juga episodenya gak perlu tiap hari. Semua ini karena kejar Rating. Ngejar slot prime time sampe akhirnya materi/ konten cerita udah jadi nomor sekian. Ngehasilin artis-artis baru yang penting cakep-cantik-bening-mulus.

Gw miris aja, apa segitu udah abis idenya ya???

Iyee gw tau, gw aja belum tentu bisa bikin skrip sinetron, tapi paling gak gw mikir 1000 kali kalau mau adaptasi dari cerita novel & film yang hampir semua orang tau. Karena seperti yang gw bilang, bebannya berat. Orang akan membandingkan karya adaptasi dengan karya aslinya, Begitu eksekusi pemain, cerita, shooting, sound & visual effect, dll nya jauh dari karya aslinya... Ya udah KELAAARRR. fans karya asli langsung protes keras.

Udahan aah, udah malem,,,

Mau bobo cantik dulu

much love

Rhein

No comments:

Post a Comment