Thursday 11 September 2014

Alerginya kambuh lagi

Dari kecil gw alergi dingin, kalau kelamaan renang, dan kedinginan, pasti gw kena kaligata (semacem bentol-bentol sekujur tubuh) bahasa kedokterannya Urtikaria, bahasa Indonesianya Biduran, dan bibir gw membiru. Ini berlangsung sampe gw SD kelas 6. Begitu SMP, gw gak ngalamin lagi kaligata, gantinya gw sensitive sama debu. Gak parah sih alerginya cuma bersin-bersin gak berhenti sampe paling gak setengah jam.

Jadinya sampe sekarang kalau gw mau beres-beres rumah gw selalu bermasker, dan sebisa mungkin pake vacuum cleaner buat bersihin kamar.

Alergi debu gw makin parah begitu gw mulai kuliah, bukan sekedar bersin-bersin, tapi sering diiringi mata berair juga gatel dan ujungnya bengkak kayak abis nangis, ditambah gatel sekitaran wajah. Meski udah mulai parah gitu gw gak pernah check ke dokter. Alesannya simple buat gw yang paling penting bukan pengobatannya tapi menghindari penyebabnya.

kayak gini nih kalau udah bengkak, gatel, dan berair

Sampe suatu hari, gw bermasalah dengan telinga gw. Sekitar tahun 2008/2009, lubang telinga gw bengkak, sakit kalau nengok. Gw kemudian dateng ke dokter Oscar, spesialist THT di Sukabumi, yang memang udah jadi langganan keluarga gw. Diperiksalah itu telinga, nah pas lagi di periksa, ntah karena emang ada debu sekitaran ruangan itu, atau karena gw ngirup bau obat. Gw bersin-bersin, gak berhenti. Dokternya nanya apa gw punya alergi? and I say yes, saya alergi debu dan dingin, kalau udah kumat bersin gak berhenti-henti sambil meler ingus bening encer, plus mata bengkak, gatel.

Dari situ pertama kalinya gw dikasih obat alergi sama dokter, obatnya racikan jadi gw gak tau itu merk dan kandungannya apa. Dokter cuma saranin kalau bersin gw gak berhenti dan mata berair plus gatel, minum obat tersebut. Kalau cuma sekedar bersin tapi gak sampe bikin mata gatel, gw cuma disuruh minum air anget dan maskeran. Saat itu gw gak nanya nama alergi gw apa, inisyatif gw masih kurang, jadi gw cuma nerimo aja.

Obatnya emang mayan manjur, tiap kali gejala mata bengkak dan gatel, gw buru-buru minum obat itu. Bersin-bersin berhenti dan mata gw bebas bengkak, gak ada efek ngantuk kayak obat lainnya. Biasanya kalau obatnya abis gw mampir ke dokter Oscar buat bilang dok alergi saya kambuh, terus dokternya kasih obat racikan lagi. Sampe akhirnya ketika gw tinggal lagi di Depok, gw udah gak pernah minta obat alergi lagi.

Selama hampir beberapa tahun juga gw mulai jarang ngalamin alergi sampai mata bengkak lagi, ya itu karena gw emang sebisa mungkin menghindari penyebab alergi gw. Gw juga googling cara penanganan alergi tanpa obat. Intinya gw berusaha untuk gak konsumsi obat, karena seperti yang Dokter saranin, yang paling bener itu ya menghindari penyebabnya bukan konsumsi obatnya.

Sampe tadi siang, pas gw iseng beresin rak buku gw yang keliatan berdebu, gw dengan pedenya bersihin pake lap, bukan pake vacuum cleaner seperti biasa. Kelar laah sudah, gak nyampe lima menit gw bersin-bersin tiada henti, mata gw berair, mulai gatel, dan muka gw langsung kerasa panas. Arghh setelah sekian tahun gak ngalamin hal kayak gini, gw ngerasa kesiksa lagi.

Gw langsung bikin teh anget dan buru-buru cuci tangan, muka. Obat alergi jelas gw udah gak punya, mau minum obat flu juga gak akan ngaruh buat ngatasin gatelnya. Alhasil gw cuma bisa nahan untuk gak ngucek-ngucek mata sambil googling lagi buat ngurangi semua gejala alergi ini.

Sekitar dua jam barulah alergi gw mereda, ruam-ruam merah dan gatal di muka udah gak ada. Idung udah gak meler. Dan mata juga udah gak gatel.

FYI, yang namanya alergi dari kecil itu biasanya gak bisa disembuhin, karena kemungkinan itu diturunkan secara ginetis, yang mana emang emak gw juga sama alergi debu dan asap. So, yang bisa lakukan sekarang ini adalah menghindari alergennya, dan makan makanan yang cukup kandungan vitamin D nya (gw baca vitamin  D bisa mengurangi efek alergi).

Gw juga masih mempertimbangkan buat dateng ke dokter THT lagi, kali ini buat nanya lebih lanjut soal alergi gw. Karena jujur aja, alergi debu itu ngeselin banget, karena debu gak selalu terlihat.

No comments:

Post a Comment