Tuesday 21 February 2012

Don't Follow Me...

Dear All
Mau sedikit share tentang kejadian yang baru aja terjadi sama saya, semoga bisa jadi pembelajaran buat semua. Beberapa udah mendengar cerita saya ini, tapi saya merasa perlu untuk share ke yang lain lagi biar kejadian kayak gini gak terjadi sama kalian. :)

Beberapa hari yang lalu, sekitar pukul delapan malam, saya ngalamin kejadian kayak di tipi2 yaitu KETIPU

Awal mulanya saya menerima telepon dari pacarnya saudara saya (kita sebut saja CS) yang beberapa bulan ini sedang merantau di kota saya tinggal untuk bekerja, di layar HP saya juga memang muncul nama CS, bukan no yang lain. Suaranyapun persis suara CS.

Dia telepon saya bilang minta bantuan karena kena tilang. Di dunia nyata CS ini anaknya memang ceroboh, lupaan, dan beberapa kali kena tilang karena gak punya SIM, atau ngelanggar lampu merah. Jadi saya udah gak kaget dengar dia kena tilang. Gak curiga atau apalah. Apalagi beberapa hari sebelumnya nenek saya (mbah) cerita CS ketinggalan dompet lagi dirumah mbah dan bilang itu STNK motor yang dipakai CS udah kadaluarsa.

Jadi pas CS telpon saya percaya2 aja.

Terus setelah CS bilang dia di tilang, saya tanya saya harus gimana? perlu saya dateng ke polres? dia bilang minta tolong lobiin di tempat lah dia cuma bawa uang 50rb, gak bawa dompet, sedangkan bayar ditempat 150rb. Dia minta jadiin nama saya jaminan. Ya udah, dengan niat nolong saya ok-in. 

Mulailah telepon dialihkan ke 'polisi', saya bilang kalau CS itu saudara saya, lagi buru-buru mau ke rumah, STNK ada di rumah dll. Tapi si polisi keukeuh pengen bayar di tempat. Saya bilang sama CS ntar saya+saudara saya (yang pacarnya) kesitu deh, bawain surat2 dirumah mbah. Sebenarnya saya sempet curiga kok mendadak CS bilang, "ah gak usah ngerepotin ntar, malah ketauan stnknya kadaluarsa". Dipikir2 iya juga sih, tapi saya juga keukeuh bilang saya ke sana aja, telepon saya tutup.

Saya telpon saudara saya, gak diangkat2, ada kali 5x telepon. Ke rumah mbah saya juga gak ada yang jawab, pokoknya saya telpon ke sodara2 yang kenal CS juga kebeneran banget pada gak angkat (SHIT emang).

CS gak lama tlp lagi (dengan no yang tetep muncul nama dia) tanya "gimana nih?", saya bilang pada gak jawab, dan dia bilang polisinya nuduh itu motor curian. Naluri kasian gw keluar, si CS kasih lagi hpnya ke polisi, eh polisi nego minta dikirim pulsa aja. Disini saya mulai anceng2 rekam percakapan (tujuan saya awalnya iseng, buat saya bahas di blog).

Karena CS cuma bawa uang 50rb berarti kurangnya kan 100rb, nah polisinya minta 100rb dalam bentu pulsa. Saya sempet aneh tuh, ih malesin bgt ni polisi. Saya bilang sama CS, saya lagi gak punya deposit, ntar tanya saudara saya deh. Dia iya-in minta tanyain saudara saya (pacarnya). Telepon di tutup lagi.

Saya telepon saudara saya lagi, masih tetep gak diangkat mulu, jadi kesel sendiri.

Akhirnya saya hubungi temen saya yang  biasa jualan pulsa, minta kirimin pulsa 100rb ke no yg di maksud, karena saya kasian juga ma CS. Di kirimlah pulsanya. Terus Saya ditelpon CS  lagi, saya bilang udah dikirim pulsanya. CS suruh saya konfirmasi ke polisinya, dannnn disini letak kesalahan dan ketololan saya.

Saya bilang sama polisi kalau itu udah dikirim. Terus si polisi itu bilang, dia minta tolong sama saya, tolong beliin pulsa lagi, kali ini bukan untuk masalah tilang tapi dia jatohnya beli pulsa gitulah sama saya, uangnya dia titipin ke CS. Saya nolak, bilang kalau saya udah gak ada kenalan tukang pulsa lagi, apalagi nominal yg dia minta itu gede. Saya nolak, dan bilang gak bisa, faktanya emang saya lagi gak punya uang segitu, dan temen saya udah abis depositnya. 

Eeh dia malah ngancem bakal nahan saudara saya, dan kunci motornya gak dikasih kalau saya gak sanggupin. Saya ancam balik, bilang ini on the record dan saya bisa nuntut balik. tapi saya kalah, mungkin efek hipnotis dan si CS ini bilang mohon minta ditolong.

Akhirnya berkat ketololan saya itu, saya kirim lagi pulsa kali ini terpaksa lewat I-banking BCA Saya. Saya bilang udah tuh dikirim, naah si CS bilang iya makasih, saya diminta konfirmasi sama polisi itu.

Tepat disaat saya mau konfirmasi, ada telepon masuk dari saudara saya pacarnya CS itu. (handphone saya dualsim jadi bisa terima telpon lagi, yg telponan sama polisi itu saya hold dulu) saudara saya tanya kenapa saya telepon2in dia, dia lagi ada pengajian. Saya bilang itu CS kena tilang lagi, dan dia (saudara saya) susah amat dihubungi. Seperti yang bisa kalian duga jawaban saudara saya adalah 

"ditilang apaan, orang aku lagi sama CS dirumah tante, sama mbah juga. kata ibu (baca: ibunya dia) kamu juga telponin ibu ya?" Saya langsung linglung, secara ini no yang masuk no CS. Saya minta saudara saya tlp ke rumah, telpon dari 'CS' langsung saya tutup.

Di telpon rumah saya ngotot CS ditilang, saudara saya ngotot CS ada bareng dia, dan hp-nya dimaenin Ibu-nya. CS sumpah2 dia gak nelepon saya. Saya jadi bingung sendiri. Gak ngerti. sampai akhirnya saya baru inget (sumpah kenapa ingetnya baru saat itu) kalau temen ibu ada yang kerja di polantas, sebut saja namanya Pak Asep.

Saya berusaha hubungi dia tanya lagi ada dimana, dan bilang kalau ada teman saya kena razia deket polres. dan jawaban beliau adalah "hari ini saya yang tugas sekitar polres, dan sampai detik ini belum ada penilangan" Saya ceritakan kronologis-nya, dia cuma bilang "itu penipuan neng, polisi gak akan mungkin minta dalam bentuk pulsa, harusnya pas kamu bilang direkam pasti takut karena ancamannya bisa turun pangkat, coba inget baik2 ada yang mencurigakan gak selama tadi dia nelepon!"

Jegeeerrrrr

Saya berusaha inget dan emang ada yg aneh:

  1. CS gak manggil nama saya seperti biasanya,
  2. Dia terkesan ogah pas saya bilang mau kesana aja anterin surat2 (SIM, STNK), dan
  3. Yang paling begosebegobegonya, Saya gak denger suara bising jalanan.

Bye 350rb saya. -___-"

Tegoran dari Allah ini saya belom bayar zakat 2 bulan ini. hikss

Pesan moral:

  1. Hati2 dengan telpon masuk bilang minta bantuan sekalipun tertera di hp nomor orang yg kita kenal, bisa aja (setelah saya tanya ke anak IT) sim digandakan, karena SIM baru potensi mudah dibajak gitunya lebih besar. Rata2 no baru itu recondition id no dari simcard lama yg udah gak aktif.
  2. Jangan panikan dan ceroboh kayak saya, gampang terenyuuh, sasaran empuk banget.
  3. Please kalau ada yg nelpon kalian beberapa kali ke hp, segera angkat, dikasus saya mungkin akan berubah ceritanya kalau sodara saya itu angkat. memang benar lagi pengajian, tapi sesorang sampai nelponin lebih dari 3 kali itu artinya urgent..

well sekiaaan curhat saya.

PS: Sekarang saya parno kalau terima telpon. hiks

Semoga kronologis ini berguna buat kalian semua. Aamiin...

1 comment:

  1. Mulai sekarang mari kita baca ayat kursi dulu sebelum terimat telpon. #eh?

    Sabar ya ndu... Insya Allah nanti dapat gantinya berkali2 lipat. Baik dalam bentuk uang, barang, maupun orang. #eh? xp

    ReplyDelete