Tuesday 31 January 2012

Kembali ke Yogja (Djogja)

Agak basi sih baru posting sekarang, tapi sutralah yaa.
Here my story...

Long weekend kemarin gw di ajakin liburan ke Jogja (Eyd yang bener Yogya) bareng saudara2. Tadinya sempet ragu mau ikut, coz hari minggunya temen gw lamaran dan sempet diminta jadi seksi dokumentasi (baca: tukang foto), tapi berhubung ade gw yang "ganteng" itu keukeuh pengen ikut, maka nyokap mendaulat gw harus ikut juga buat jagain si bungsu yang suka ngilang tiba-tiba. -__-"

Days 1& 2 (21-22 Jan 2012)
Sabtu pagi (pukul 9.30) itu kami berangkat dari Sukabumi, pake mobil Xenia Merah'nya kakak sepupu gw, dan sepakat pake jalur selatan. Jumlah penumpang ada 8 orang (termasuk sopir), dengan 4 orang diantaranya adalah bocah2 abg nanggung. Perjalanan sih seru2 aja, keponakan2 gw itu gak berenti puter musik. Permasalahnnya musik yang mereka puter itu cuma 2 artis. SMASH dan SUPER JUNIOR. Gak mau lagu lain, dan mereka nyanyi semangat banget, ade gw sampe gaya2an niruin SuJu.

Gw sampe geleng2 kok kayaknya tiap gw ke Jogja disuguhi lagu yang monoton ya? waktu SMP rombongan bis gw di puter lagu sundaan, SMA rombongan gw di puterin lagu Radja terus, Kuliah pas study tour juga lebih heboh, kami diputerin lagu Wali beralbum-album. terus pas gw inget lagi waktu dulu ke Jogja ma alm.oom juga muterin lagu The Corrs mulu. sekarang? Smash & SuJu? owwwhh tidaak.

Kami mampir dulu ke Tasik jemput saudara yang juga mau ikut ke Jogja. Well, saudara gw di Tasik kebetulan gak tau rute menuju Jogja, jadinya sekalian konvoian Xenia'ers (mereka pake xenia hitam). Setibanya di Tasik, Oom gw nyaranin lanjutnya abis magrib aja, dan sisa waktunya dipake untuk istirahat dulu. Sebenernya sih gw lebih setuju jalannya abis Ashar aja, coz biar bisa sampe Jogja jam 12-an, jadi bisa cari penginapan lebih cepet. (iya kami belum book penginapan karena ini asli dadakan). Tapi sutralah saya tak bisa bersuara.hha

Selesai shalat magrib, kami melanjutkan perjalanan ke Jogja. Gw sempet khawatir, karena saudara gw yang nyetir di xenia item itu gak tau rute dan gak terbiasa bawa mobil jarak jauh, tambahan lagi dia baru balik tugas dari Padang. kasian aja bisa cape nyetir ntar.hhe

Setelah melalui perjalanan heboh, mulai dari liat ada yang tabrakan, sopir lupa jalan, keponakan2 gw heboh pengen PUP, Oom gw iseng pasang lampu kedap kedip kayak polisi biar truk pada minggir, Nyaris ditabrak bis kramat jati (asli itu horor abis, sinting itu supir bis), sampe konvoi tidak disengaja di daerah banjar (5 mobil berturut2 xenia semua.hhe), kami akhirnya tiba di Jogja pukul 2.45 waktu setempat, (keitung lama sih, asli sopirnya lelet).

Kakak sepupu gw keukeuh pengen cari hotel di sekitar Malioboro, gw udah bilang "gak akan dapet, pasti full booking semua". Dan bener aja, gak ada yang kosong, penuh semuaa. Setelah Shalat Shubuh, tetiba tante gw bilang. "kita nginep di kaliurang aja, deket kostannya Anggie banyak penginapan katanya".

Nah lho. Kaliurang kan jauuuh ke utara. Tapi karena udah hopeless dan cape ingin tidur, kami segera melanjutkan rute perjalanan ke kaliurang. Lokasinya memang asli jauh, ada kali 30Km dari pusat kota, tapi ya udaranya sejuk dan dapet pemandangan gunung merapi yang ewwwhhh mendebarkan.hhe

Jogja shubuh2 (gambarnya elek hpnya juga elek sih) hha

Kami menginap di Wisma Kembar, Kaliurang Km 16. Wismanya so far so good lah, karena itu hari libur kena charge perharinya 450rb, padahal kata Anggie (keponakannya tante gw) biasanya paling mahal 150rb. kamarnya sih lumayan luas, spring bed 1 biji, selimut, TV, kamar mandi closet duduk (no heater+bathtub), cuma masalahnya air disitu bikin gw ilfil. Pas nyalain keran, kotoran nya lumayan banyak, jadi risih pas mau cebokan.hha

Setelah tidur sejenak, mandi, dan sarapan. Kami berangkat menuju tempat wisata pertama, Candi Prambanan kebetulan diantara rombongan cuma gw dan Anggie aja yang pernah kesana, maka kami pun didaulat jadi tour guide. Padahal terakhir gw ke prambanan itu SMA, waktu sama temen2 kampus ke Djogja gak bisa ke Prambanan karena lagi di pugar.hhu

Sampe sana gw rada shock ma harga tiket masuknya Rp.30.000,- cyyn. Padahal waktu dulu kesana masih rebuan deh, tapi seneng juga sih tiket prambanan udah gak pake kertas lagi udah kartu kayak tiket transjakarta dulu, artinya mereka mendukung penghematan kertas.hho

Tiket Masuk Prambanan, pengen dikantongin tapi gak bisa. :(

Karena itu hari libur dan libur panjang pula, maka prambanan bisa dibilang Rame banget. di parkiran aja mobil dan bis dengan flat B, D, H, AA, L. dll pada bertebaran. So pas masuuk... Tadaaa rame pisan euy... tapi itu tidak mengurangi kenarsisan kami untuk foto2.hhe

Selalu paling kecil diantara sepupu2 gw. (kanan: Anggi, Kiri: Ratih)

Rombongan Xenia Merah & Hitam.hhe without oom sopir

Dari candi kami berjalan ke taman bermain yang masih di area candi prambanan. Cuaca hari itu asli panas banget, kerasa ngebakar kulit, so di taman tersebut kami istirahat (neduh) dan makan siang juga. Baru ngeh ternyata disana ada aneka macem permainan, ada jungkat jangkit, ayunan, ada arena motor atp, sepeda, kereta mini, dll.

Gw tiba-tiba diajakin ade gw naek sepeda. Katanya "teh naek yang sepeda gandeng aja, jadi bisa rafi bonceng" gw nurut2 aja, diikuti duo kakak adik Yaman-Rizky kami bersepeda, tarifnya  Rp.20.000,- / sepeda gandeng untuk 1 putaran... Eits satu putaran di prambanan ya lumayan juga lah buat olah raga.

Naah disinilah semua keajaiban itu bermula, di tengah jalan persis depan candi Sewu. ada motor bawa muatan rumput berenti, sepeda yang dikemudiin ade gw ngebutnya naudzubilah... dan tak lama "gedubrak..." sepeda jatoh untuk ngehindarin motor, Ade gw sih langsung loncat lha gw karena gak tau apa2 jatoh nyungseb aja gitu... bagoos... udah dandan cantik2 malah nyungseb dan lecet. -___-"

Gak cuma itu, si rantai sepeda lepas juga. jadi sepeda kami gak bisa di goes. Berbekal malu yang luar biasa (karena disana banyak bule2) gw bilang sama yaman "Yuk pulang ke taman, mau bersihin lukanya nih." Dengan muka melas gw di bonceng Yaman, ade gw dan adenya Yaman ditinggal aja suruh benerin sepeda dulu.hhaha

Kira-kira 15 menit kemudian, setelah nunggu ade gw kami tiba di titik awal. Gw yang udah berdarah-darah tangannya langsung ke pos terdekat, minta obat antiseptik. Gw udah bilang mau ngobatin sendiri aja, tapi kayanya petugas disitu terlalu baik sama turis, mereka keukeuh mo obatin. Ditemani tante, gw mengalami penyiksaan luar biasa.

Boo, kan harusnya luka jatoh itu dibersihin pake air bening dulu, dikeluarin dulu kerikil2 yang nancep di tangannya, ini cuma diguyur aja tangan gw, dikucek2 pake kapas gak pelan2, dan langsung disiram betadine sebanyak2nya, tempel kasa, terus plesterin. Gw melongo. tapi si mas dan mba nya udah langsung sibuk lagi ma tugas awal mereka.

Dan keajaiban kedua dimulai, keponakan gw yang cewe nangis2 pengen naek motor ATP, itu semacem motor roda empat yang biasa dipake di perkebunan. dan akhirnya dengan tangan perih, ngilu, plus agak bengkak, gw naek juga.

Sepupu gw Bergaya di ATP

dengan kondisi mengkhawatirkan begitu, gw gak sukses membawa motor ini melaju dengan baik. Tangan gw rada ngilu megang stang motornya, setelah gak maju-maju ditanjakan dan nabrak motor belakang, gw nyerah. Oia harga tiket naek motor begini Rp.10.000,-/2 puteran (+-300m).

Berhubung udah agak mendekati jam 3, kami buru pulang. Ada tempat lain yang harus kami tuju hari itu, Pasar Beringharjo, dan mengunjungi Rumah saudara2 kami di Jogja.

Kami sampe daerah malioboro sekitar pukul 4sore, dan subhanallah maceeeetnya. Belum lagi jalanan banyak yang di alihan untuk persiapan imlek malam itu. mobil kami beruntung nemu parkiran, dan langsung berburu oleh2 yang gak jauh2 dari aneka batik2an. sayangnya toko jam segitu udah banyak yang tutup, niatnya cari sarung bantal tamu tapi dapetnya rok dan baju doang. ade gw cuma dapet kaos standar bertuliskan malioboro seharga 10rb.

Asli deh, banyak yang pngen dibeli sebenernya, tapi waktu sempit banget. -__-"

Menjelang magrib kami segera menuju rumah saudara yang lokasinya deket ma alun2. shalat, ngobrol2 dan istirahat bentar, lalu cau lagi ke penginapan.

Sejujuran gw rada kecewa, karena tadinya berpikiran bakal ngeliat perayaan imlek di alun2. Saudara gw yang asli Jogja juga udah ngajakin nonton, tapi berhubung banyakan yang cape daripada yang semangat kayak gw+bocah2 abg lainnya jadinya dibatalkan itu rencana. :'(

Days 2 (23 Jan 2012)
Hari ini tujuan kami selanjutnya adalah Candi Borobudur, sayang rombongan Tasik gak ikut karena mereka gak mau kemaleman pas pulang nanti, sepupu gw yang nyetir Xenia hitam harus balik ke Bandung sorenya. weeeww.

Jadinya pagi itu rombongan Tasik udah pulang duluan. Sementara kami, melanjutkan tidur ayam dan nonton tv sebelum berangkat ke Borobudur. perjalanan ke Borobudur kali ini berasa lama, mungkin karena gw juga ngantuk sih. kebanyakan pada tidur di mobil.

Karena berangkat dari penginapannya juga udah siang, jadi ya sampe sananya juga siang. kira2 pukul 12 kami baru tiba di sana. saudara2... tiket di borobudur juga mengalami kenaikan. Gw masih inget banget harga tiket waktu itu Rp10.000,- sekarang harganya sama kayak prambanan Rp.30.000,- Wakwaaawww.Hhaha

Karena udah terlanjur juga, ditambah oom dan ade gw belum kesana jadinya kami masuk juga ke prambanan.

Buat ngehemat tenaga dan waktu, oom gw ngajak naek kereta mini yang nganter langsung depan candi. harga tiket naek Kerta itu Rp5.000 sekali naek dan dapet air mineral botol kecil.

Borobudur gak banyak berubah masih aja rame dan tangganya bikin nenek2/kakek2 encok. Yang berubah adalah banyaknya Satpam tingkat atas. Seriusan mereka pada bawa peluit & toa, dan bentar2 bunyi "priiiiit" "kepada para pengunjung candi borobdur harap dilarang menyender pada stupa, dan dilarang menaiki stupa untuk keamanan dan terjaganya situs ini" sampe apal gw kalimatnya. :p

Tumben banget ade gw mau difoto gaya kayak gini. -_-"

Asli jadi agak kurang heboh aja, kalau baru nempel dikit udah di periwitin ma Satpamnya.hhe baru nempel dikit padahal karena kedorong di periwitin. Tetep aja sih ada turis yang nekat, apalagi ritual masupin tangan nyentuh telapak tangannya patung budha disalah satu stupa. masih aja ada yang nyari. -__-"

Akhirnya setelah puas kuling dan jumrah #lho. kami balik ke parkiran mobil, dan minum es kelapa muda deket situ. saat itu udah pukul 14.30, udah sore. Kakak sepupu gw yang PNS ngajak pulang juga akhirnya, besok pagi dia gak bisa bolos masih harus masuk. Kalau gw sih berhubung masih nganggur ya santai aja.hha

Kamu pulang ke Sukabumi lagi2 lewat jalur selatan, selain kejauhan kalau mau iseng lewat jalur utara, penghuni xenia merah udah pada rusuh dimobil ingin cepet sampe di Sukabumi (padahal masih +- 12 jam lagi) :(

Memasuki daerah banjar kami sempet makan dulu di restoran pringsewu. hari itu kebetulan ada perayaan kecil di sana menyambut imlek, jadi dekor2nya juga ya gak jauh beda lah.

Narsis-narsian di Pringsewu :p

Oia kakak sepupu gw kebetulan abis ngerayain ultahnya, dan dapetan kejutan gitu dari pihak resto (sebelum makan kami sempet dimintain ngisi data2 gitu) lumayan dapet ice cream gratis.hha

Perut kenyang hati senang, penghuni mobil tertidur pulas menyisakan sopir dan oom gw. gw gak tau didaerah mana gw tidur dan pokonya pas bangub udah masuk daerah sukaraja, sukabumi dan itu sekitar jam 5 shubuh.hha

well sekian sampahan travel gw kali ini.
Jujur kurang seru, gak bisa explore Yogja karena lagi long weekend dan dipenuhi turis2, gak bisa kulineran malem karena lokasi penginapan kelewat jauh dari pusat kota.

Semoga gw bisa segera kesana lagi... mengenang semua cerita indah disana dan... kuliner timeeeee... :D
Aamiin

1. Jogja... Jogja... Tetap istimewa...

Satu kota yang bikin gw rindu selalu... Aisshh.. Me missing you so much my beloved Jogja. <3

Itu nginep di Kaliurang Km. 16 jauh aje cyiin.. Mending nginep di rumah mbah aye. #eeaaa

Pas nyalain keran, kotoran nya lumayan banyak, jadi risih pas mau cebokan.hha --> terus, lo ga cebokan gitu? Hhhmmm... Baaauuu!! #gayamolandisigapp

Mahal amir ye itu masup Prambanan! Candi deket rumah mbah gw gratis masuknya. Hahahaha... Kecil sih, tapi masih bagus karena nggak banyak tangan-tangan iseng menodai.

Baca postingan lo bener2 bikin gw kangen setengah mati sama jogja. Mana tadi abis mamam Bakmi Jogja pula. Semoga suatu saat nanti gw bisa tinggal di sana. Amiiinn...

2. Lah pan makanya aye bilang ini lokasinya jauuuuuuuuh dari kota, tapi seger bo udaranya, gak kayak d malioboro.hhe

Bwhahhaha benga ah lo, ya gw cebokan lah, pake aer mineral tapinya beli yg murahan. :))

Emm cyuuu... mahal banget,mentang2 abis dipugar.huh

Yukss ke Yogya yukss, gw abis apply lamaran kerja disana dong. :p #lhateruskenapa?

3. ejieee yg abis jalan2... asyiknya ngiter2 jogja!
    btw, itu adek2 semua narsis yah? xD

4. behahaha kami emang keluarga narsis jeuung...
    jadi pengen ke jogja lagi gw mi. capcuz goes to jogja kapan nih? :p