Thursday 22 January 2009

How can i stop this???

I Have a big problem!!!

Masalah gue saat ini adalah bagaimana caranya mengendalikan diri gue untuk enggak kalap kalau beli buku.
Entah ya, kalau mayoritas kaum cewek akan kalap kalau liat ada sale baju, sepatu, tas, accessoris dll... gue jutru akan kalap kalau liat ada sale buku.

Gue bisa banget nahan diri buat gak beli all about fashion, although i really want to buy that, although the banner said "sale up 70%". Tapi buat nahan beli buku??? susaaaahhh bangeeettt... ada tulisan "diskon 5%" aja gue udah langsung tergoda dan merasakan tarikan yang kuat untuk membelinya, apalagi kalau lebih???

Buat gue yang belum punya pekerjaan tetap dan hanya bekerja serabutan sebagai freelance designer, hal kayak gini mengganggu banget perekonomian hidup gue. Jujur aja, gue sebenernya pingin banget bisa menghindari godaan strategi marketing bernama SALE.

SALE sebenernya masalah buat hampir semua orang. Kebanyakan orang biasanya suka kalap sendiri kalau denger kata SALE, apalagi kalau yang kena jatah sale itu barang favorit. Pendapat gue ini bukan tanpa sebab, gue ngalamin sendiri soalnya. Belum lagi perilaku-perilaku temen dan keluarga gue kalau tau ada sale.

OK. Sale memang bukan faktor utama seseorang bisa kalap belanja, faktor lainnya adalah kondisi perekonomian diri kita. Kalau lagi punya banyak uang, godaannya banyak banget dah.. For example nih empat bulan kemaren saat gue nerima honor finalis sebuah event, gue menghabiskan itu uang hanya dalam waktu itungan hari. 65% gue abisin buat nambah beli PC baru, sisanya buat gue beli buku bacaan.

Herannya gue selalu menghalalkan diri menghabiskan uang buat beli buku dengan alasan: "Buku bisa nambah wawasan lo, seenggaknya duit lo abisnya buat barang berguna". Sumpah pemikiran gue itu pada akhirnya malah membuat gue lupa untuk menyisihkan uang buat keperluan gue sendiri yang mungkin lebih berguna untuk jangka panjang. Gue suka lupa untuk menyisihkan uang bulanan gue buat ditabungin. Alhasil tabungan gue segitu lagi, segitu lagi. Gak nambah justru berkurang.

Gue udah berusaha membuat jurnal keuangan pribadi gue, nyatet semua pengeluaran dan pemasukan, bikin rancangan anggaran pembelanjaan tiap bulan. Tapi lagi-lagi rancangan itu biasanya akan berubah saat gue masuk toko buku atau saat gue tau ada sale di sebuah toko buku.

Sebenernya gue punya dua rekening di bank buat ngatasin masalah ini. Rekening pertama hanya gue pergunakan untuk nyimpen uang keperluan bulanan gue (termasuk untuk membeli buku), yang artinya tiap bulan tuh rekening pasti nyentuh batas saldo minimum. Rekening kedua (niatnya) gue pergunakan buat tabungan masa depan gue setelah lulus, gue gagh mau aja begitu lulus kuliah masih nyusahin ortu, tapi mentok-mentoknya tiap bulan gue masih aja nakal ambil uang dari rekening itu buat membeli sesuatu. Hal tersebut terjadi saat gue dapet referensi buku bagus or liat sale di toko buku..

So... how can i stop this??? have you solution for my problem???

regrad
rindu_natsukashii-chan

2 comments:

  1. Kalap ya ndhu??
    sulit memang kalau udh liat kata SALE yah??
    gw juga masih belajar menahan diri dan mencoba nabung terus..

    buku apa yang kau beli?
    kalau memang buku-bukumu itu banyak manfaatnya mudah2an berdampak baik untukmu ke depannya.. ^___^

    mungkin sebaiknya bikin rekening di bank gak pake bikin atm, cuma buku tabungannya aja, kalau mau ambil duit kan jadi agak susah.. hehe

    ReplyDelete
  2. buku-buku novel, psikologi, roman... ah macem2... tapi banyakn novel...

    well.. pinginnya juga gitu mi, bikin rekening tanpa atm.. hhe

    huhuhu i miss you... =)

    ReplyDelete