Thursday 27 November 2014

Karimun Jawa, Sebuah Penantian Selama 9 Tahun! (Part 2)

Lanjut ya lanjut cerita tentang Karimun Jawa-nya…

Day 2 (23 November 2014)

04.50-08.00 WIB
Terbangun di pukul 4.50 Shubuh, dan langsung Shalat Shubuh dengan mata masih kerasa 5 watt. Gue sama Wita ditinggal Nicky, Dea, dan Sofie yang hunting Sunrise. Pada akhirnya gue sama Wita jalan berdua doang ke arah pantai nyari mereka, dan ternyata merekanya ke dermaga Karimun Jawa.
Ini jam 5 pagi looohh
Pukul 5 waktu Karimun Jawa itu terang banget, berasa udah setengah tujuh pagi meski matahari belum nongol. Meski salah spot, gue dapet sunrise yang lumayan lah.
Sunrise dari Alun-alun Karimun Jawa
Setelah foto Sunrise, gue dan Wita bermaksud nyusul trio tersebut ke dermaga, dengan berjalan kaki. Karena motornya di pake mereka, dan kalaupun ada kami berdua gak bisa mengendarai motor.hha
Taunya di tengah jalan malah ketemu mereka yang udah mau jalan balik, alhasil kami malah foto-foto di cottage milik orang yang bangunannya tradisional tapi kece. :p
Numpang Eksis di Cottage orang
Selepas Sunrise Hunting, kami langsung sarapan. Karena jam 8 lewat dikit nanti kami akan berangkat menuju pulau-pulau kecil sekitaran Pulau utama buat aktivitas nyebur.

08.00-12.15 WIB
Berangkat dari pelabuhan dengan sangat excited. Yeay… sekian lama akhirnya gue akan nyebur di laut lagi, mayan lama juga sih, gak snorkelingan. Tujuan pertama adalah Penangkaran Hiu. Iya beneran hiu kayak di tipi-tipi, tapi hiunya kali ini lebih jinak.
Hiu nya berenang, kayak ikan lele versi raksasa
Kami disini nyoba berenang bareng hiu, sebenernya gak berenang sih, cuma turun ke kolamnya doang. Pas turun, tangan kami harus berada di atas permukaan air, dan gak boleh digerakin di dasar/dalam air. Khawatir disangka ikan kata mas-masnya.

Berada di tengah ikan hiu bukan hal yang gak bikin panik, ya tetep aja kan was-was tiba-tiba dicaplok hiu kan gak lucu juga.
Ciee hiunya deketin
Hiunya demen ma kami
Selepas dari kolam hiu kecil, kami beralih ke kolam lainnya buat foto sama makhluk laut lainnya. Ada Mrs. Puff (ikan buntel), ikan pari, bintang laut, bantal laut, hiu kecil, kura-kura, terus ada gue juga.lhaaa
Foto sama aneka makhluk laut, kurang satu jenis.
Pas pegang ikan buntel, berasa pegang duri. Tapi gak gitu sakit, cuma nyes-nyesan aja. Gue lebih serem megang kura-kura, takut tiba-tiba digigit (well, gigitan kura-kura itu lebih kuat dan nyakitin mba dan masnya). Terakhir, kami gak lupa buat foto-foto dulu.
Tetep eksis dengan #GoProZaer
ini versi di fotoin mas nya
ini versi difotoin mas nya
Puas foto-foto dan maen sama ikan, kami melanjutkan perjalanan ke tujuan selanjutnya. Tujuan kedua yaitu perairan Menjangan kecil, di sini kami snorkeling dan foto underwater.
Team Karjaw di Kapall
Team Karjaw di Kapal menuju menjangan kecil
Seperti yang pernah gue ceritain di postingan terdahulu waktu liburan gratis ke Lombok, gue itu gak bisa renang, tapi gue suka snorkeling.Hahaha Jadi tanpa ragu gue nyebur meski tetep gak mau jauh-jauh dari kapal (trauma kebawa arus). Setiap kali Snorkeling gue selalu inget pelajaran gratis waktu snorkelingan diajarin Mas Bayu, guide di Lombok.

Alhamdulillah, selama snorkeling kemaren gue bisa lebih ngendaliin badan biar gak cepet kebawa arus, gak panik waktu air masuk ke idung ataupun ketelen banyak, dan gue semakin cinta kegiatan ngitemin kulit ini. And for the first time, gue nyoba foto underwater. Sempet takut, tapi setelah dibujuk banyak orang dan diyakinkan mas guidenya kalau gue aman, gue nyelem juga.
Muka gak nyante gue takut kebawa arus. :p
Sumringah setelah tau nyelem itu keren :D
Subhanallaaaahhh, keren banget cuuuyy… semakin bikin gue pengen bisa renang, semakin pengen bisa tau keindahan lain di dalem laut sana. Pantes ya Om Jaja BP demen banget diving, nyelem yang cetek gitu aja gue langsung terkesima.

Setelah puas snorkelingan di Menjangan kecil, cus berangkat ke pulau cemara kecil, yang njiirrr pantainya bening banget. Kami kesana buat maen di pantai dan makan siang.
Foto di kapal sebelum menjejakkan kaki ke cemara kecil
12.15-13.35 WIB
Time To Lunch... Tapi karena bakar-bakarannya on the spot, sambil nunggu ikan bakarnya jadi kami foto-foto sepuasnya.
Circle Pose
Jump-jump :D
Well, gak ngarep foto pose gini ma Milah, tapi apa daya Lee Seung Gi nya gak ada. hha
Niiihh jernih banget kaaan. saik banget laah
santai kayak dipantai... :)
Setelah penantian cukup panjang, akhirnya makan juga. Menunya cuma nasi, ikan bakar, kerupuk, sama sambel. Tapi Endeuus lah, ikan bakarnya satu orang satu ekor.hhaha
Dikasi makan mah pada anteng.hhaha
Kenyang makan, kenyang maenan di laut, kenyang foto-foto. Kami semua bersiap menuju spot selanjutnya. Yaitu ke Gosong.

14.00-16.35 WIB
Tujuan Ketiga yaitu Gosong, gosong ini bukan pulau tapi karang di tengah laut. Di sini kami snorkeling an dan foto under water lagi.

Unfortunately, cuma 15 menit gue nyebur kaki gue kerasa kram. gue memutuskan istirahat bentar sambil pemanasan lagi. Karena gue pengen banget foto underwater lagi. Sayangnya begitu nyebur lagi kaki gue gak juga enakan dipake gerak, jadinya cuma maen sekitaran kapal sambil naek lagi terus diem di dek.

Tapi sebagai gantinya mas guide nya motoin kita ikan Nemo (clown fish/ ikan badut/ ikan giru), duuh liat fotonya bikin pengen nangkep itu ikan.hhaha
Foto ikan ini asli buka googling, ini hasil jepret mas nya,
Ikan lainnya. keren kan..
Sediih deh gue gak bisa underwater-an di sini, meski warnanya gak meriah-meriah amat, tapi kan mayan aja bisa pamer ma orang-orang.hhaha

Btw, arus nya mayan keras. Waktu gue ajak Wulan menjauh dari kapal, kami sempet kebawa arus dikit. Terus Wulannya keburu panik, secara dia juga gak bisa renang. Semoga gak trauma ya lan. Hehehe

16.35-18.15 WIB
Puas snorkelingan akhirnya kami ke tujuan selanjutnya yaitu Tanjung Gelam. Sempet nyeletuk, kan kita udah kemaren ke tanjung gelam. Tapi ternyata pantai yang di maksud masnya beda, lebih bersih dan kece abiss.
Taken from higher stone...
Foto-foto lagi
Oia kami sempet ngemil mie instan dulu disini, ngangetin badan yang abis diterpa angin dan air laut selama hampir 10 jam. Setelah itu lanjut foto-foto eksis lagi.
Love Pose with Wulan
Lets Jump Together
Pas di tanjung gelam ini kami sok-sok an Yoga, gue sendiri cuma kayang ma sikap lilin aja. Ngeri rapuh tulang gue kalau mau gaya yang laen. Bwahahaha
Yoga Ala-Ala
Yoga Ala-Ala Gue, Wulan, Wita, Niicky, dan Mang Ulil
Setelah puas foto-foto, kami akhirnya harus kembali ke pulau utama. Iya udahan maenan aer sama foto-foto keren di lautnya. Pas perjalanan pulang, ketemu nelayan yang abis ngelaut, terus Rizky dengan seenaknya minta ikan gitu, eeh taunya beneran di kasih aja dong ikan tongkol yang gedeee banget.

Ini link youtube pas rizky minta ikannya.hhaha diambil dari video hpnya Rizky.
[embed]https://youtu.be/HI-XBzd2YJI[/embed]
tonton aja disini: https://youtu.be/HI-XBzd2YJI

Gak puas dikasi satu, mba Mira iseng minta dua. Dan iya dikasih juga. Alhasil menu makan malem kali ini ikan tongkol Bakar. :p

Pukul 18 lebih akhirnya kami tiba di pulau utama. Dengan bawa oleh-oleh 2 ekor ikan tongkol sama kulit yang bener-bener menghitam.

18.15-??.?? WIB
Sampai pulau utama kami langsung menuju homestay, dan bersih-bersih. Gue langsung mandi dan bersihin badan dari pasir, selesai mandi shalat magrib-isya jamaahan sama Wita, Nicky, dan Dea.

Kelar Shalat dan Istirahat bentar, langsung siap-siap makan dari hasil malak nelayan. yeaaah.. Oh iya makan malam hari itu di traktir Dea yang tanggal 17 November kemaren ultah.
Tiup Lilin Ke 72. hhaha
Selamat Masnya, semoga apa saja, semoga jadi bos besar Bank Mega terus traktir kita-kita liburan ke togean.hhaha

Selama makan kami saling share cerita, terus gue iseng cek foto-foto selama di Karjaw, ternyata oh ternyata ada foto yang menurut gue rada aneh, semacem penampakan. Pas gue liatin ke orang-orang mereka juga setuju kalau itu agak weird gambarnya.

Gara-gara itu Sofie jadi takut dan akhirnya minta dia tidur di kamar gue ma wita juga.Hhaha
Selesai makan dan cerita serem, kami keliling pasar malam lagi, kali ini temenin Wita dan Sofie belanja oleh-oleh. Gue gak belanja, soalnya bingung beli apaan, udah banyak baju sama pernak-pernik di rumah. Jadinya mau beliin makanan aja lah.hhaha

Pulang dari pasar malem, kumpul bentar buat copy photo dari masing-masing kamera dan tadaaa tidur puleeeesss..

Well, Story Day 2 Finish. Lanjut ke Day 3here..